Selasa, 01 Oktober 2013

Tips Memperindah Rambut

Rambut adalah mahkota bagi kebanyak wanita. Wanita mana yg tidak menginginkan rambutnya indah dan terlihat cantik dipandang semua orang yang melihatnya. Banyak kaum hawa yang melakukan banyak cara agar rambutnya terlihat cantik dan sempurna, misalnya pergi ke salon. Tetapi, hal itu membutuhkan dana yang cukup besar dan waktu yang benar-benar cukup untuk ke salon. Nah, berikut ini tips memperindah rambut secara alami.

1. Menggunakan Santan Kelapa. 

Anda parut kelapanya dan kemudian dicampur dengan air, kemudian diperas untuk mendapatkan santannya, setelah itu santannya Anda panaskan di atas kompor sampai lemaknya (bakal minyak) terpisah dari air. Sendok keluar lemak tadi dan biarkan dingin sebelum dioleskan pada rambut sebagai sampo untuk memberikan kelembaban, kelembutan, dan kemilau indah. Di Manado dikenal dengan nama “bacoho” biasa dilakukan oleh orang-orang yang berasal dari Nusa Utara, tapi mungkin tidak dipanaskan santannya, seperti yang di Thailand.

 2. Menyisir Rambut Sebelum Tidur 

Cara merawat rambut secara alami selanjutnya dengan menyisir rambut sebelum tidur. Banyak wanita hanya menyisir rambut saat akan keluar rumah. Kebiasaan tidur dengan rambut yang kusut ini tidak baik karena gesekan rambut dengan bantal membuat rambut cepat rontok dan patah. Sisir rambut hingga rapi.

 3. Mengosumsi kacang-kacangan

Jika Anda bertanya-tanya mengapa rambut bisa rontok, jawabannya adalah, Anda kekurangan zinc. Karena itu Anda disarankan untuk mengonsumsi kenari dan almond. Kacang-kacang tersebut mengandung senyawa tertentu yang selain bisa menyehatkan rambut, juga bisa mengurangi risiko kanker seperti flavonoid, fitokimia dan antioksidan.

4. Minyak Zaitun

 Salah satu bahan yang bisa digunakan adalah minyak zaitun. Minyak ini cukup dioleskan pada ujung rambut supaya rambut selalu kuat. Perawatan dengan minyak zaitun cocok bagi mereka yang memiliki rambut kering.

 5. Lidah Buaya

pijatkan ke area kulit kepala dan rambut. Diamkan selama 30 menit, kemudian bilas dengan air hangat. Ulangi 3 kali seminggu.

6. Jangan Menggosok Rambut Terlalu Keras Dengan Handuk

 Banyak ahli rambut menyarankan untuk mengurangi frekuensi pemakaian hair dryer dan gantikan dengan kipas angin, atau biarkan rambut mengering secara alami. 

7. Pilih Sarung Bantal yang Lembut

 Sarung bantal yang digunakan setiap harinya berpengaruh terhadap kesehatan rambut. Bila sarung bantal tersebut kasar, gesekan yang terjadi semakin besar sehingga rambut cepat rusak, patah dan rontok. Ambil sarung bantal satin untuk mencegah kerusakan pada rambut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar